Ekonomi Bisnis

5 Tips Membuat Konten Website yang Menarik

×

5 Tips Membuat Konten Website yang Menarik

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Foto. ASET : Istimewa

BAGI pemilik usaha yang sudah memiliki website dengan hosting murah dan berkualitas, pasti nggak asing dengan istilah digital marketing, sebuah bentuk pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan media digital. Bukan saja pemilik usaha, masyarakat umum sekalipun sepertinya sudah akrab dengan istilah digital marketing, karena praktik yang mengandalkan relevansi ini mampu menjangkau konsumen secara tepat.  

Nah, dalam dunia digital marketing ini, konten adalah bagian penting pertama yang harus diperhatikan. Bisa dibilang, konten dalam digital marketing adalah raja. Tanpa konten yang menarik dan menjual, pemasaran atau promosi yang dilakukan nggak akan berjalan optimal. Meski demikian, masih banyak website yang belum menjalankan digital marketing-nya dengan maksimal karena konten yang disuguhkan kurang tepat. 

Kalau kamu juga merasa digital marketing di website-mu belum optimal, berikut adalah 7 tips membuat konten website yang menarik dan menjual. Namun, sebelum itu mari berkenalan dulu dengan jenis-jenis konten untuk website. 

Jenis-jenis konten untuk website

Konten-konten digital marketing untuk website pada umumnya dibuat dalam format teks atau tulisan yang dilengkapi gambar atau bahkan video. Dalam hal ini, artikel merupakan jenis konten yang populer digunakan karena dapat mengoptimalkan search engine optimization (SEO) agar sebuah website berpeluang muncul di mesin pencari. 

Baca Juga:  Buka Festival Tumpe di Banggai, Menparekraf Dorong Pemprov Kembangkan Ekraf dan Pariwisata

Berikut adalah beberapa jenis konten website yang dapat disesuaikan dengan pendekatan digital marketing.

1. Artikel storytelling 

Ini merupakan salah satu jenis konten artikel yang cukup populer. Dengan artikel storytelling, kamu bisa menyuguhkan informasi menggunakan teknik bercerita. Meski mengedepankan aspek cerita, artikel storytelling harus mengikuti alur mulai dari konflik, klimaks, solusi hingga kesimpulan, dan terpenting relevan dengan bisnis atau produk yang kamu jual. 

2. Artikel product knowledge

Artikel product knowledge paling tepat digunakan untuk menyampaikan sesuatu yang bersifat informatif, seperti pengenalan produk terbaru yang mencakup segala informasi terkait produk tersebut. Sesuai namanya, fungsi artikel ini adalah menambah wawasan pembaca terkait apa yang kamu jual. 

3. Artikel tutorial

Kalau artikel product knowledge bertujuan menambah wawasan pembaca terkait produk atau jasa yang kamu jual, maka artikel tutorial bisa digunakan untuk menjelaskan lebih lanjut terkait langkah-langkah atau cara penggunaan barang tertentu, cara pemesanan produk atau jasa yang kamu tawarkan, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan bisnismu. 

Baca Juga:  Investor Asal Malaysia Bakal Investasi Komoditas Durian di Parigi Moutong

4. Artikel tips

Artikel tips adalah jenis artikel yang tidak hanya informatif tetapi dapat memberikan benefit langsung bagi pembaca. Jenis artikel satu ini terhitung banyak dicari pengguna internet, loh. Melalui artikel ini kamu bisa menuliskan berbagai tips yang sesuai dengan bisnismu. Misal, untuk website makanan sehat kamu bisa menulis artikel dengan judul “Tips Memilih Bahan Makanan Sehat” dan sejenisnya. 

5. Konten copywriting 

Konten satu ini bisa kamu pilih untuk memberikan penawaran atau promosi produk secara langsung alias hard selling. Sederhananya, melalui konten copywriting kamu nggak perlu basa-basi dalam menawarkan atau mempromosikan sebuah produk. Sebab, teknik satu ini harus ditulis dalam kalimat sesingkat mungkin dengan gaya bahasa yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *